Cek Kode Plat G Kota Pekalongan dan Sekitarnya

Plat Pekalongan menggunakan huruf G di bagian depan lalu diikuti dengan beberapa kombinasi angka dan juga huruf lain di bagian akhir.

Plat ini ternyata juga digunakan di beberapa wilayah di sekitarnya, sehingga mencakup kurang lebih 5 kota atau kabupaten.

Mengingat cakupan dari kode dengan plat G ini yang cukup banyak. Tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu kira-kira wilayah mana saja yang juga menggunakan kode ini.

Dengan begitu proses pengenalan bisa berjalan dengan lebih mudah.

Plat Pekalongan G dan Kota di Sekitarnya

Berikut beberapa rincian plat nomor di kawasan Pekalongan dan sekitarnya.

1. Plat G Pekalongan

Apabila berasal dari kawasan Pekalongan biasanya kode di bagian belakang diawali dengan huruf yang bervariasi.

Baik Pekalongan Kota maupun Pekalongan Kabupaten biasanya akan menggunakan kode yang berbeda-beda. Berikut beberapa kode yang digunakan.

KawasanKode
Pekalongan Kab.B/K/O/T
Pekalongan KotaA/H/S

2. Plat G Brebes

Selanjutnya untuk plat G yang berasal dari kawasan Brebes juga memiliki kode yang sedikit berbeda. Untuk melihatnya pastikan untuk mengecek kode atau huruf pertama setelah angka di bagian belakang.

Apabila pada pelat tersebut menggunakan kode dengan awalan G/J/R/U. Bisa dipastikan berasal dari kawasan Brebes sehingga meski bercampur dengan kendaraan yang ada di Pekalongan, akan tetap bisa ditemukan dengan lebih mudah.

3. Plat G Batang

Selanjutnya untuk yang berasal dari kawasan Kabupaten Batang kode yang digunakan juga berbeda. Huruf pertama pada kode di bagian belakang angka harus menggunakan salah satu dari huruf ini: C/L/V/X.

Apabila menggunakan salah satu dari kode diatas misal G 1345 CVH, bisa dipastikan merupakan berasal dari kawasan Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Baca Juga Tarif Pajak Innova Reborn Semua Tipe

4. Plat G Pemalang

Arti Plat G Pemalang

Apabila berasal dari kawasan Kabupaten Pemalang kode yang digunakan juga berbeda yaitu harus memanfaatkan salah satu dari kode dengan huruf berikut ini D/I/M/W.

Selanjutnya, salah satu contoh pada pelat yang sering digunakan di kawasan Pemalang adalah G 1234 MWH.

5. Plat G Tegal

Terakhir adalah plat yang berasal dari kawasan Tegal entah itu kabupaten atau kota. Keduanya memiliki perbedaan seperti yang terjadi di bawah ini :

  • Kabupaten Tegal memakai F/P/Q/Z
  • Kota Tegal memakai E/N/Y

Jadi meski sama-sama berasal dari Tegal terdapat perbedaan apakah kendaraan itu berasal dari kawasan kabupaten atau kota.

Plat Pekalongan umumnya menggunakan G lalu diikuti dengan beberapa kombinasi angka dan huruf lainnya.

Untuk mengetahui plat tersebut memang benar-benar berasal dari kawasan Pekalongan atau kawasan di sekitarnya, disarankan untuk melakukan proses pengecekan terlebih dahulu.

Dengan mengenali sistem kode di atas, proses pengecekan bisa berjalan dengan lebih mudah untuk mengetahui asal dari kendaraan.

Karena bisa saja kendaraan itu memiliki plat G tetapi tidak berasal dari Pekalongan tetapi berasal dari wilayah lain seperti kawasan Brebes atau Pemalang.

Leave a Comment