10 Contoh Hewan Melata yang Ada di Sekitar Kita

Hewan melata merupakan kelompok hewan yang terdiri dari berbagai spesies yang memiliki ciri-ciri tertentu, seperti tubuh yang panjang dan ramping serta tidak memiliki kaki. Kelompok hewan ini sering kali dianggap menyeramkan karena kemampuannya bergerak dengan lincah dan memiliki kulit yang licin.

Namun, hewan melata juga memiliki peran penting dalam ekosistem dan memperkaya keanekaragaman hayati.

Berikut adalah beberapa contoh hewan melata yang dapat ditemukan di seluruh dunia.

#1. Ular

Ular merupakan salah satu contoh hewan melata yang paling dikenal di seluruh dunia. Hewan ini memiliki tubuh yang panjang dan ramping, serta kulit yang licin dan tidak bersisik.

Ular biasanya berburu mangsa dengan cara menggigit dan meremas tubuh mangsa hingga mati sebelum memakannya. Beberapa jenis ular bahkan dapat menghasilkan racun yang mematikan.

#2. Kadal

Kadal juga termasuk ke dalam kelompok hewan melata. Hewan ini memiliki tubuh yang ramping, kaki yang pendek, dan kulit yang bersisik. Kadal biasanya memakan serangga dan hewan kecil lainnya, serta menjadi mangsa bagi beberapa jenis ular dan burung pemangsa.

#3. Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan contoh hewan melata yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Hewan ini hidup di dalam tanah dan membantu memperbaiki struktur tanah serta memproses material organik menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tanaman. Cacing tanah juga sering dijadikan sebagai pakan bagi beberapa jenis burung dan ikan.

#4. Kecoa

Kecoa merupakan contoh hewan melata yang sering dianggap sebagai hama dan menyebar penyakit. Namun, kecoa juga memiliki peran penting dalam ekosistem karena membantu mengurai material organik dan menjadi sumber pakan bagi beberapa jenis hewan, seperti burung dan kadal.

#5. Belut

Belut merupakan jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping serta tidak memiliki sisik. Hewan ini hidup di dalam air tawar dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang berbeda-beda. Belut juga memiliki kemampuan untuk bergerak di atas tanah dan memperoleh oksigen dari udara.

#6. Kepiting

Kepiting adalah salah satu contoh hewan melata yang hidup di lingkungan air laut dan air tawar. Hewan ini memiliki cangkang yang keras dan bersisik serta kaki yang kuat untuk berjalan di dasar laut atau sungai. Kepiting biasanya memakan serangga, moluska, dan hewan laut lainnya.

#7. Ulat Bulu

Ulat bulu merupakan contoh hewan melata yang memiliki bulu-bulu halus dan lembut di seluruh tubuhnya. Hewan ini biasanya hidup di daerah yang beriklim tropis dan memakan dedaunan serta tunas tanaman.

Dikutip dari situs Sipintar ulat bulu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan rambut halus yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit manusia.

#8. Bunglon

Bunglon adalah hewan melata yang unik karena mereka memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya. Kemampuan ini membantu mereka untuk melindungi diri dari pemangsa dan juga untuk mengejar mangsa. Bunglon biasanya hidup di hutan dan daerah tropis lainnya.

#9. Cicak

Cicak merupakan hewan melata kecil yang banyak ditemukan di sekitar rumah dan gedung-gedung. Mereka memiliki kemampuan untuk memanjat di berbagai permukaan dengan cengkeraman kaki yang kuat. Cicak sering kali dianggap sebagai hewan yang membawa keberuntungan dan banyak orang menyukai keberadaannya di rumah.

#10. Ular Sanca Bodo

Ular sanca bodo adalah salah satu spesies ular yang paling menarik. Mereka memiliki tubuh yang besar dan berat serta tidak bersifat berbahaya bagi manusia. Ular sanca bodo biasanya hidup di hutan dan memangsa mamalia seperti tikus dan kera.


Dalam kesimpulannya, hewan melata mencakup beragam spesies yang menarik untuk dipelajari. Beberapa di antaranya memiliki kemampuan yang unik dan bahkan dapat dijadikan hewan peliharaan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa spesies hewan melata bersifat berbahaya dan dapat membahayakan manusia, sehingga perlu diperlakukan dengan hati-hati.